Jogja selalu menawarkan berbagai obyek wisata unik yang akan membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama di Kota Gudeg tersebut. Setelah menawarkan berbagai obyek wisata alam yang belakangan muncul di berbagai sosial media, obyek wisata lainnya pun juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, yakni berupa wahana rekreasi keluarga.

Dibuka pada tanggal 20 Desember 2014 lalu, obyek wisata bernama Sindu Kusuma Edupark atau biasa disingkat ‘SKE’ ini memberikan pilihan wahana permainan untuk pengunjung, baik untuk anak maupun dewasa. Berlokasi di tengah kota yang strategis, yaitu berada di Jalan Jambon, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta, tempat wisata ini berdiri di lahan seluas 7 hektar dan merupakan satu unit usaha dari Kusuma Agrowisata yang berpusat di Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur.

SKE ini lebih mengedepankan konsep wisata edukasi yang menjadi daya tarik utamanya, sehingga sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga maupun orang dengan beragam usia. Berbagai macam wahana siap memanjakan pengunjung. Salah satu wahana yang paling menarik dan terlihat jelas, serta menjadi ikon dari SKE ini adalah adanya biang lala raksasa atau Ferris Wheel yang disebut Cakra Manggilingan.

Wahana ini memiliki ketinggian 48 meter dengan 28 kabin, dimana setiap kabinnya dapat menampung 4 orang dewasa. Ketika menaiki wahana ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam Jogja yang indah dengan pesona Gunung Merapi dan Merbabu ketika langit cerah. Bila malam tiba, biang lala raksasa ini akan memancarkan cahaya indah.

Wahana lainnya yang dapat dinikmati, yaitu berupa permainan outdoor seperti segway, air bicycle, bumper car, trampolin, flying chair, kereta mini, kereta sedang, cangkir puter, komidi puter, flying fox, dan sebagainya. Selain menikmati wahana indoor, pengunjung juga dapat menikmati wahana atau permainan indoor, yakni Tengoro Budoyo, Thaeter 7 Dimensi, Arcade Game (permainan simulator), dan Kampung Seni.

Di Kampung Seni tersebut, pengunjung akan diajak untuk belajar membatik, melukis, bermain gamelan, menari, dan lain sebagainya. Kampung Seni ini memang ditujukan sebagai sarana edukasi untuk anak-anak, salah satunya sebagai pengenalan budaya. Karya yang dibuat oleh pengunjung di Kampung Seni ini nantinya juga boleh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Sindu Kusuma Edupark ini buka setiap hari, kecuali hari Selasa. Untuk Sabtu dan Minggu, SKE ini beroperasi mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB. Sedangkan untuk hari Rabu hingga Senin, buka mulai pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB.