Alun-Alun Selatan atau yang biasa disebut dengan Alun-Alun Kidul (Alkid), merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung di Jogja. Menawarkan pesona keindahan malam yang riuh dan menyenangkan.

Berada di sebelah selatan Kraton Yogyakarta, Alun-Alun Selatan ini pada malam hari banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar atau pun pelancong yang hanya sekedar ingin duduk-duduk bersantai sambil menikmati berbagai jajanan yang dijajakan oleh penjual lokal, menikmati keindahan bintang-bintang di langit, atau pun mengayuh odong-odong berwarna-warni yang menjadi wahana khas di Alun-Alun Selatan ini.

Di tempat ini banyak sekali penjual makanan khas, tidak hanya pada malam hari saja tetapi juga pada siang hari. Di alun-alun ini, pengunjung akan mendapati penjual wedang ronde, dawet, angkringan, dan sebagainya. Berbagai makanan ringan maupun berat juga dijual di tempat ini, antara lain gudeg, oseng mercon, bakso, mie ayam, bakwan kawi, siomay, cilok, dan sebagainya yang dapat kamu nikmati dalam suasana malam syahdu dengan lampu remang-remang.

Selain itu, bila kamu membawa anak-anak yaitu adik, saudara, sepupu, atau buah hati kamu, tidak akan afdhol rasanya jika kamu tak mengajak mereka untuk naik odong-odong. Odong-odong di Alun-Alun selatan ini begitu istimewa, selain karena odong-odongnya dapat menampung banyak orang dan memiliki berbagai bentuk yang unik, odong-odong tersebut juga dilengkapi dengan lampu-lampu berwarna-warni yang semakin mempercantik pesonanya di malam hari.

Di dalam odong-odong tersebut, kamu pun dapat berselfie atau wefie ria bersama keluarga atau pun teman-temanmu. Jika kamu tak ingin naik di odong-odong, kamu juga dapat berpose di pinggir jalan dengan latar belakang odong-odong berlampu warna-warni tersebut. Dijamin, foto kamu akan menarik untuk diposting di berbagai platform media sosial kamu.

Tak hanya, sama halnya dengan Alun-Alun Utara, di Alun-Alun Selatan ini juga terdapat dua buah pohon beringin di tengah alun-alun yang pastinya dapat kamu mencoba permainan masangin. Permainan masangin adalah permainan untuk masuk diantara dua buah pohon beringin. Apabila dapat memasuki sebuah jalan diantara dua buah pohon beringin tersebut dengan mata tertutup, maka artinya yang telah berhasil melewati tersebut berhati bersih.

Selain dapat menikmati berbagai sajian makanan dan minuman lesehan, naik odong-odong, dan bermain masangin, sisini kamu juga dapat melakukan hunting foto bagi kamu pehobi fotografi. Bagi yang hobi bersepeda, tempat ini juga cocok kamu jadikan destinasi persinggahanmu ketika bersepeda di malam hari. Bila kamu tak memiliki sepeda, kamu dapat menyewa sepeda di alun-alun ini dengan pilihan berbagai sepeda yang dilengkapi dengan lampu warna-warni seperti halnya odong-odong.