Sebagai salah satu kota yang menjadi destinasi favorit para wisatawan, Yogyakarta tidak pernah lepas dari kata indah dari dulu hingga sekarang. Sebagai kota yang mengusung tema klasik pada penataan kotanya tidak pernah terpengaruh oleh pesatnya kemajuan teknologi yang ada. Dengan ciri khasnya ini, Yogyakarta selalu bisa membuat para wisatawan ini terus merindu untuk kembali berkunjung.

Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada di kota ini, salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Jalan Mangkubumi Jogja yang menjadi salah satu sumbu utama kota Jogja. Bersama dengan Jalan Malioboro, Jalan ini menjadi jalan penghubung antara keraton Jogja menuju ke Gunung Merapi sehingga letaknya juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta. Hal ini menjadi salah satu ciri khas kerajaan Jawa kuno yang selalu memiliki jalan utama yang menjadi sumbu kota sebagai sarana bagi para raja dan anggota kerajaan lain untuk menyapa rakyatnya.

Jalan Mangkubumi Sebagai Ikon Kota Jogja Selain Malioboro

Bicara Jalan Mangkubumi, jalan satu ini merupakan sentra perkantoran dan pertokoan sebenarnya. Ada juga beberapa sentra usaha mandiri dan pintu stasiun kereta Jogja disini. Jadi jika anda membandingkan jalan ini dengan jalan Malioboro, mungkin Jalan Mangkubumi tidak seramai itu. Tapi anda harus tahu bahwa jalan satu ini menjadi salah satu tempat wisata malam di Jogja yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan dari luar kota.

Jalan Mangkubumi di desain sedemikian rupa oleh pemerintah kota Yogyakarta agar memiliki ruas jalan yang lebih nyaman bagi pejalan kaki. Pedestrial yang mengambil sebagian lahan dari toko dan kantor yang ada di sepanjang jalan membuat jalur pejalan kaki di jalan ini menjadi lebih lebar. Tentunya hal ini memicu banyak wisatawan yang sengaja berjalan kaki di ruas jalan mangkubumi sekedar untuk menikmati keindahan jalan ini dimalam hari.

Gemerlap cahaya dari kendaraan yag berlalu lalang disini serta keindahan lampu lampu yang berjejer rapi di sepanjang jalan menjadi eksotisme tersendiri bagi para wisatawan yang berjalan kaki disini. Terlebih di ujung Jalan Mangkubumi kita bisa melihat Tugu Jogja yang merupakan salah satu landmark terpopuler di kota gudeg ini. Jika di siang hari tugu ini akan terlihat biasa saja, di malam hari tugu ini akan menyajikan pesona yang tidak akan anda lupakan saat melihatnya.